Rabu, 08 Desember 2010

Cara Memperbaiki AC Split ( Kasus 2 )

Kerusakan  : AC Tidak bisa dingin

Gejala yang tampak :
Motor kipas kondensor tidak berputar, motor kompresor berputar.

Pemeriksaan awal:
  • Hidupkan AC  ( lewat bagian evaporator.)
  • Amati gejala yang tampak diantaranya udara yang keluar dari blower evaporator terasa dingin apa tidak?
Hasilnya ternyata : Motor blower evaporator berputar, tetapi udara tidak bisa dingin.
  • Amati bagian kondensor !
Hasilnya ternyata: - Air tidak menetes dari selang pembuangan.
- Kompresor berputar, kipas kondensor tidak berputar.
Pemeriksaan kerja AC.
  • Buka tutup pentil pada bagian kondensor ( 3 way valve )
  • Pasang manipol meter ganda pada pentil. Amati hasilnya : ternyata tekanannya rendah sekali ( 0 psi ) yang berarti gas habis karena kebocoran jaringan pipa.
  • Matikan kembali AC.

Berarti perlu perbaikan 2 bagian yaitu:
  1. Bagian evaporator : membersihkan terali depan dan filter2nya.
  2. Bagian kondensor : - Perbaikan motor kipas kondensor
           - Pembersihan kotoran pada kondensor.
Karena untuk  perbaikan motor perlu menurunkan / melepas unit outdoor (kondensor) dari dudukannya maka perlu langkah menyimpan sementara gas R 22 ke dalam kompresor.
Proses menyimpan gas sama dengan langkah me non aktifkan AC.
 Motor diperbaiki maka perlu langkah pengisian kembali gas R22 ke dalam system AC.

Setelah AC di nonaktifkan
  • Lepaskan sambungan kabel  daya, beri tanda pada terminal tentang warna kabel agar tidak lupa sewaktu memasang kembali.








  • Lepaskan sambungan pipa dari evaporator dengan melepas mur-mur pengikat.
  • Untuk sementara, tutuplah ujung-ujung pipa kondensor maupun pada pipa penyambung yang terbuka dengan plastik agar tidak kemasukan kotoran .
  • Lepaslah mur baut penguat kondensator dari dudukannya.
  • Lakukanlah perbaikan dan pengecekan pada motor kipas kondensor.

Pemeriksaan motor
·        Dalam keadaan tanpa tegangan,  baling-baling kipas bisa diputar lancar dengan tangan.
·        Ketika dihubungkan dengan sumber tegangan kipas sulit di putar dengan tangan bahkan tidak bisa., sepertinya ada yang mengerem.
·        Diuji coba kapasitor diganti dengan kapasitor baru, motor tetap sulit berputar.
·        Diambil kesimpulan ternyata motor rusak (kocak = poros motor tidak center ).

Setelah motor diperbaiki;
·        Pasang kembali unit kondensor pada dudukannya semula.
·        Sambung kembali pipa-pipa seperti keadaan semula.

Proses pengisian gas pendingin kembali
            Caranya sama seperti langkah mengaktifkan AC. Yaitu :

1.      Pasang selang manipol gauge ( meter ganda ) pada pentil saluran pengisian di bagian unit luar (kondensor) yaitu saluran sebelah kiri yang menghadap ke bawah. Kran tekan dan kran ganda masih keadaan ditutup.
2.      Hubungkan steker kabel  daya pada evaporator ke sumber tegangan listrik ( jala-jala ). Setelah semua sambungan dan pemasangan selesai maka siap untuk langkah mengaktifkan AC.
3.      Dengan menggunakan kunci L ( kunci pasak ) yang sesuai, putar sedikit demi sedikit baut penutup saluran  tekan berlawanan arah jarum jam untuk membuka kran saluran tekan kompresor yang terdapat pada bagian kondensor (gambar sebelah kanan ). Amati lah penunjukan  meter ganda, jarum meter ganda akan bergerak ke kanan / angkanya naik dan berhenti pada angka tertentu ( misal 200 psi ).Biarkan keadaan ini beberapa saat supaya gas pendingin beredar ke semua saluran.
4.      Dengan menggunakan busa air sabun olesilah sambungan-sambungan pipa untuk mengetahui ada tidaknya sambungan yang bocor.
·        Apabila terjadi  ada kebocoran di salah satu sambungan pipa  tutup kembali baut penutup saluran tekan kompresor.. Perbaiki dahulu sambungan pipa dengan mengencangkan mur atau mengganti seal-seal tape yang rusak dengan memasang kembali sampai benar-benar tidak ada yang bocor sedikitpun.
·        Ulangi lagi langkah membuka saluran dan mengecek sambungab dengan busa sabun  tadi.
5.      Apabila tidak ada kebocoran gas pada sambungan-sambungan, lakukan langkah ”penggebresan ” untuk membuang sisa udara yang masih tersisa pada selang manipol biru.  Caranya adalah, buka kran meter ganda manipol sekejap sampai ujung selang kuning manipol yang terbuka mengeluarkan gas berbunyi” jeesss” . Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali hembusan gas dengan jeda waktu yang singkat, misal  jeess....jeess...jeess. Tutup kembali kran ganda kuat-kuat.
6.      Setelah itu, dengan kunci L juga bukalah baut penutup masukan saluran isap kompresor yang berada disebelah saluran tekan.  Setelah penutup saluran tadi di buka  gas pendingin ( freon) akan bersirkulasi /beredar dari kompresor – kondensor dan kembali ke kompresor lagi. Tunggulah beberapa saat.

7.      Hidupkan power AC dengan menekan tombol ON pada unit  indoor (evaporator) atau menggunakan remote control yang ada. ( untuk saat ini biasanya remote ) ditandai dengan bunyi “ tiit “. Kompresor AC belum bisa langsung bekerja / hidup, tunggulah beberapa saat ( ± 3menit ) untuk mengetahui bekerjanya kompresor.
8.      Setelah lebih kurang 3 menit, kompresor akan mulai bekerja/ motor jalan dan mengedarkan gas pendingin R 22 yang sudah ada ke seluruh bagian sistem AC sehingga terjadi sirkulasi yang terus menerus.
9.      Untuk mengetahui besar pemakaian arus oleh AC  normal apa tidak gunakan tang ampere / tang arus untuk mengukur arus masuk ke kompresor dan juga motor kipas pada bagian kondensor. Jepitkan tang ampere pada salah satu kabel daya yang masuk ke bagian kondensor, amati dan bacalah. Apabila pemakai arus tidak normal ( lebih dari  harga name plate nya, misal 3 Ampere ), lakukan perbaikan lebih dulu sebelum melanjutkan proses mengaktifkan AC.
10. Tunggulah beberapa saat dan amatilah  untuk mengecek hasl kerja AC. Untuk memastikan bahwa AC sudah bekerja normal iindikasi yang paling jelas adalah sampai bagian evaporator ( unit indoor ) benar-benar menghasilkan udara dingin /sejuk dan ditandai juga dengan adanya air yang menetes dari selang pembuangan air di unit outdoor/kondensor.
11. Apabila sudah ada air yang menetes dari selang pembuangan  berarti proses kerja AC sudah normal dan pengaktifan AC sudah berhasil.
12. Lepas kembali selang manipol dari pentil saluran pengisian dan tutup lagi saluran tsb dengan mur penutup ujung pipa  seperti keadaan semula.
13. Pengaktifan AC sudah selesai.
14. Offkan kembali AC bila masa percobaan telah selesai dengan menekan remote yang ada.


Sumber : Pengalaman Service AC

1 komentar: