Jumat, 18 Februari 2011

Cara memperbaiki Setrika Listrik

Pada umumnya bagian-bagian seterika listrik yang mudah rusak antara lain:
1. Elemen pemanas,
2. Kawat penghubung,
3. Terminal,
4. Tusuk kontak
5. Termostat,



Gambar salah satu model setrika listrik otomatis

Langkah awal cara perbaikannya adalah :
1. Pemeriksaan hubungan terbuka,
Gunakan multimeter, setlah pada skala Rx1k. Cabutlan tusuk kontak pesawat dari sumbernya. Ukurlah pada ujung2 dari tusuk kontak pesawat dengan multimeter. Jika multimeter menunjukkan harga tak terhingga, berarti rangkaian terbuka, tetapi jika multimeter menunjukkan harga tertentu hingga beberapa kilo, berarti ada lingkaran arus tertutup. Harus terjadi rangkaian tertutup jika pengatur panas seterika diputarkan.
2. Pemeriksaan hubungan badan,
Gunakan AVO, setlah pada skala Rx1. Cabut tusuk kontak pesawat dari sumbernya. Ukurlah antara salah satu ujung2 kontak pada steker dengan bodi pesawat. Jika multimeter menunjukkan harga tak terhingga, berarti tidak terjadi hubung badan, tetapi jika multimeter menunjukkan harga tertentu, berarti terjadi kontak dengan badan pesawat. Seterika harus dibongkar untuk meneliti penyebab terjadinya hubung badan.
Langkah berikutnya , bila seterika tidak bekerja kemungkinan penyebabnya adalah:
a. Tidak ada tegangan, periksalah kabel power, tusuk kontak, dan kotak kontak.
b. Kabel tusuk kontak rusak, periksa kabel; jika rusak gantilah.
c. Elemen rusak, periksa dengan multimeter; jika rusak gantilah.
d. Termostat lepas kontak, Periksa thermostat, mekanisme kontak; jika rusak gantilah.

O00 Selamat mencoba semoga sukses 00O

Sumber : Modul PILRT

4 komentar:

  1. semua dalm keadaan normal tapi tidak panas, apa lagi yg mau diperiksa. mohon bantuan

    BalasHapus
  2. Jika semua komponen dalam strika keadaan normal jika tetap tidak panas langkah terakhir yang harus diperiksa adalah kotak kontak atau stop kontak di dinding ada tegangan apa tidak. semoga membantu.

    BalasHapus
  3. bagaimana dengan kompor listrik?milik saya merk maspion yang berdaya 600w jika dipakai maksimal, salah satu elemennya putus sehingga tidak bisa menyuplai panas maksimal yaitu 600w sehingga hanya 300w dan itu hanya di bagian pinggir kompor karena bagian tengah putus (yg seharusnya menyuplai 300w)
    Jadi tengah 300w
    Pinggir 300w
    dan bila diputar ke 600w maka panasnya maksimal..terimakasih atas jawabannya...

    BalasHapus
  4. sekedar masukan, siapa tau ada yg pny masalah sama, setrika saya yang ceralon/teflon di tatakannya udh pada ngelupas, bulan desember 2012, saya bawa ke Phillips service center di Blok M plaza lantai 5, dan setelah nunggu 4 hari, bisa diganti dengan yg baru. Soalnya tatakan yg udh ngelupas teflonnya itu, sering nempel di baju dan ninggalin bercak2 hitam klo kepanasan nyetelnya, kan baju putih jadi pada hitam2.

    BalasHapus