Kamis, 02 Desember 2010

Membuat Vakum Lemari Es

Pada kesempatan ini akan saya berikan informasi cara membuat vakum pada mesin  pendingin sebelum dilakukan pengisian gas. Sebagaimana pada pendingin udara ruang ,  lemari es juga merupakan mesin pendingin yang mempunyai beberapa komponen yang dirangkai menjadi suatu sistem. Komponen-komponen yang dipakai pada lemari es dan pendingin udara ruang sebagian besar sama            Membuat vakum sistem pendingin sebelum dilakukan pengisian bahan pendingin adalah suatu keharusan. Membuat vakum berarti mengosongkan atau menghampakan sistem dari udara dan gas. Sistem yang masih ada sisa udaranya, pada awalnya memang kelihatan tidak ada gangguan, tetapi sebenarnya sisa udara tersebut akan mengakibatkan gangguan yang lebih besar. Udara tidak dapat diembunkan pada suhu dan tekanan pengembunan dari bahan pendingin, disamping itu udara akan mempertinggi suhu dan tekanan dari saluran tekan kompresor. Pada suhu tinggi, udara akan bersenyawa dengan minyak pelumas kompresor dan menghasilkan persenyawaan baru yang korosif dan berbahaya.
            Salah satu cara untuk membuat vakum adalah menggunakan pompa vakum yang khusus. Cara ini lebih banyak dipakai untuk memperbaiki mesin pendingin.karena lebih mudah dan aman dan tidak banyak bahan pendingin yang terbuang.
             Berikut ini adalah cara membuat vakum pada lemari es. Pipa pengisian dari kompresor dihubungkan dengan selang dari manifold pada bagian Lo, bgian tengah dari manifold dihubungkan dengan tabung R-12, dan bagian Hi dari manifold dihubungkan dengan pompa vakum. Keran Hi dan Lo dari manifold dibuka penuh, kemudian pompa vakum dijalankan


            Setelah meter ganda (Lo) menunjukkan vakum 29 in Hg, kemudian kran Hi ditutup. Tabung bahan pendingin dibuka, agar bahan pendingin masuk ke dalam sistem sampai meter ganda menunjuk tekanan 10 psig atau lebih, kemudian kran tabung bahan pendingin ditutup lagi. Kompresor lemari es dijalankan beberap menit, untuk mendorong ke luar sisa udara di dalam silinder (ruangan antara torak dan tutup silinder). Ruang tersebut akan diisi oleh bahan pendingin (R-12). Kemudian kran Hi dibuka dan pompa vakum dijalankan sampai vakum 29 in Hg, kemudian kompresor lemari es dimatikan. Pekerjaan seperti ini dapat diulangi sampai 2 atau 3 kali. Setelah itu baru kran Hi ditutup dan pompa vakum dimatikan. Sekarang lemari siap untuk diisi bahan pendingin.
            Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pada waktu membuat vakum, bagian-bagian dari sistem seperti evaporator, kondensor, saringan, dan kompresor harus dipanasi atau dihangatkan. Memanasi evaporator dapat dilakukan dengan memberi lampu 100 watt dan dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak cat, plastik dan bagian yang lain.
            Pada waktu membuat vakum dengan pompa vakum, bagian yang keluar dari pompa vakum dihubungkan ke dalam gelas yang berisi minyak pelumas kompresor. Apabila tidak ada gelembung udara yang keluar dari dalam minyak, hal ini menunjukkan bahwa sistem telah bersih dari udara. Apabila masih ada gelembung udara yang keluar dari dalam minyak, maka sistem masih kurang vakum  atau ada yang bocor. Jika sistem ada yang bocor, harus diperbaiki dahulu, setelah itu baru dibuat vakum lagi.



CARA MENGISI BAHAN PENDINGIN LEMARI ES Klik Disini

Sumber : Modul Menggunakan Refrigrasi  UNY

1 komentar: